Thursday, 5 November 2009

Logo Sponsor lain daripada yang lain

Hai football holic sudah tahu pastinya kalau sponsor merupakan salah satu pemasukan terbesar bagi klub sepakbola.Umumnya klub-klub elite Eropa berlomba-lomba menggaet sponsor dengan nilai kontrak sangat tinggi. Real Madrid misalnya mendapat suntikan dana sebesar 15-20 juta euro dari sponsor BWIN perusahaan judi asal Austria,sehingga tim besutan Manuel Pellegrini itu dapat membeli pemain mahal dunia.
Tapi disaat banyak klub meraup untung besar dari sponsor di kostum tim,Barcelona dan Aston Villa memilih jalan berbeda. Tim asal Spanyol dan Inggris tersebut sengaja tidak mengambil keuntungan dari sponsor malahan membantu lembaga sosial,perlu ditiru ya guys.
Lebih dari satu abad Barcelona tidak memasang sponsor di dada kostumnya. Tapi pada tanggal 7 September 2006 Barcelona dan UNICEF lembaga PBB yang memberikan bantuan sosial kepada anak-anak menyepakati kontrak selama 5 tahun. Tetapi bukannya mendapatkan suntikan dana,Barca justru mengeluarkan 0,7% dari keuntungannya pertahun untuk UNICEF.
Barcelona menjadi klub sepakbola profesional pertama yang memasang logo lembaga sosial sebagai sponsor.

No comments:

Post a Comment